Home »Unlabelled » Masjid Yang Utama Untuk Sholat
Masjid Yang Utama Untuk Sholat
Diposting oleh Suryono on Minggu, 09 Juni 2013
pada asalnya, seluruh masjid itu setara keutamaannya jika 3 masjid yakni masjid nabawi, masjid al haram serta masjid al aqsha. dikarenakan 3 masjid ini dijelaskan oleh nabi shallallahu’alaihi wasallam
ص ;َ ;ل ;َ ;ا ;ة ;ٌ ; ف ;ِ ;ي ; م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ِ ;ي ; ه ;َ ;ذ ;َ ;ا ; أ ;َ ;ف ;ْ ;ض ;َ ;ل ;ُ ; م ;ِ ;ن ;ْ ; أ ;َ ;ل ;ْ ;ف ;ِ ; ص ;َ ;ل ;َ ;ا ;ة ;ٍ ; ف ;ِ ;ي ;م ;َ ;ا ; س ;ِ ;و ;َ ;ا ;ه ;ُ ; إ ;ِ ;ل ;َ ;ّ ;ا ; ا ;ل ;ْ ;م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;َ ; ا ;ل ;ْ ;ح ;َ ;ر ;َ ;ا ;م ;َ ;
“shalat di masjidku ini ( masjid nabawi ) tambah baik dari pada 1000 shalat di area lain, jika di masjid al-haram” ( hr. muslim no. 1394 )
nabi shallallahu‘alaihi wasallam juga bersabda :
ص ;َ ;ل ;َ ;ا ;ة ;ٌ ; ف ;ِ ;ي ; م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ِ ;ي ; أ ;َ ;ف ;ْ ;ض ;َ ;ل ;ُ ; م ;ِ ;ن ;ْ ; أ ;َ ;ل ;ْ ;ف ;ِ ; ص ;َ ;ل ;َ ;ا ;ة ;ٍ ; ف ;ِ ;ي ;م ;َ ;ا ; س ;ِ ;و ;َ ;ا ;ه ;ُ ; إ ;ِ ;ل ;َ ;ّ ;ا ; ا ;ل ;ْ ;م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;َ ; ا ;ل ;ْ ;ح ;َ ;ر ;َ ;ا ;م ;َ ; و ;َ ;ص ;َ ;ل ;َ ;ا ;ة ;ٌ ; ف ;ِ ;ي ; ا ;ل ;ْ ;م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ِ ; ا ;ل ;ْ ;ح ;َ ;ر ;َ ;ا ;م ;ِ ; أ ;َ ;ف ;ْ ;ض ;َ ;ل ;ُ ; م ;ِ ;ن ;ْ ; م ;ِ ;ا ;ئ ;َ ;ة ;ِ ; أ ;َ ;ل ;ْ ;ف ;ِ ; ص ;َ ;ل ;َ ;ا ;ة ;ٍ ; ف ;ِ ;ي ;م ;َ ;ا ; س ;ِ ;و ;َ ;ا ;ه ;ُ ;
“shalat di masjidku ( masjid nabawi ) tambah baik dari pada 1000 shalat di area lain, jika di masjid al-haram. shalat di masjid al haram tambah baik dari pada 100. 000 shalat di area lain” ( hr. ibnu majah no. 1406, dishahihkan al albani dalam shahih ibni majah )
nabi shallallahu‘alaihi wasallam juga bersabda :
ل ;َ ;ا ; ت ;ُ ;ش ;َ ;د ;ُ ;ّ ; ا ;ل ;ر ;ِ ;ّ ;ح ;َ ;ا ;ل ;ُ ; إ ;ِ ;ل ;َ ;ّ ;ا ; إ ;ِ ;ل ;َ ;ى ; ث ;َ ;ل ;َ ;ا ;ث ;َ ;ة ;ِ ; م ;َ ;س ;َ ;ا ;ج ;ِ ;د ;َ ; م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ِ ;ي ; ه ;َ ;ذ ;َ ;ا ; و ;َ ;م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ِ ; ا ;ل ;ْ ;ح ;َ ;ر ;َ ;ا ;م ;ِ ; و ;َ ;م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ِ ; ا ;ل ;ْ ;أ ;َ ;ق ;ْ ;ص ;َ ;ى ;
“janganlah kalian meniti perjalanan jauh jika menuju ke tiga masjid : masjidku ini ( masjid nabawi ), masjid al haram, serta masjid al aqsha” ( hr. bukhari no. 1115 serta muslim no. 1397 )
tetapi untuk masjid tak hanya 3 masjid ini, beberapa ulama mempunyai sebagian pandangan mengenai masjid yang lebih afdhal untuk kita datangi sebagai area kita menunaikan ibadah shalat.
masjid yang lebih dekat
beberapa ulama menganjurkan untuk masjid yang lebih dekat dengan tempat tinggal kita sebagai area kita menunaikan ibadah shalat. di antara asalannya yaitu, untuk tercapainya beragam maslahah pada orang-orang yang saling bertetangga atau sesama kerabatnya. dikarenakan yang shalat di masjid paling dekat pasti yaitu orang-orang yang rumahnya saling berdekatan atau apalagi sesama kerabat yang tetap ada hubungan keluarga. dengan berkumpulnya mereka di masjid yang sama dapat mempererat hubungan, terbuka peluang untuk menunaikan hak tetangga serta hak kerabat, terbuka peluang untuk sharing empati, saling menolong, saling menasehati serta maslahah yang lain.
al hasan al bashri saat ditanya mengenai seorang lelaki yang kerap shalat di masjid lain yang jauh, beliau berkata :
ك ;ا ;ن ;و ;ا ; ي ;ح ;ب ;و ;ن ; أ ;ن ; ي ;ك ;ث ;ر ; ا ;ل ;ر ;ج ;ل ; ق ;و ;م ;ه ; ب ;ن ;ف ;س ;ه ;
“mereka ( beberapa salaf ) suka untuk sering-sering ada di dalam-tengah kaumnya”
masjid yang lebih lama
beberapa ulama menganjurkan untuk masjid yang usianya lebih lama atau lebih awal dibangunnya. dalam kitab as shalah, abu nu’aim al fadhl bin dukain meriwayatkan cerita ibnu sirin perihal sahabat anas bin malik radhiallahu’anhu. ibnu sirin berkata :
ك ;ن ;ت ; أ ;ق ;ب ;ل ; م ;ع ; أ ;ن ;س ; ب ;ن ; م ;ا ;ل ;ك ; م ;ن ; ا ;ل ;ز ;ا ;و ;ي ;ة ;, ف ;إ ;ذ ;ا ; م ;ر ; ب ;م ;س ;ج ;د ; ق ;ا ;ل ; : أ ;م ;ح ;د ;ث ; ه ;ذ ;ا ;؟ ; ف ;إ ;ن ; ق ;ل ;ت ; : ن ;ع ;م ; م ;ض ;ى ;, و ;إ ;ن ; ق ;ل ;ت ; :ع ;ت ;ي ;ق ; ص ;ل ;ى ;
“aku dulu bersua anas bin malik di az zawiyah. bila ia melalui masjid, beliau ajukan pertanyaan : ‘ini masjid baru ?’ bila saya jawab : ‘ya’, maka beliau melewatinya, tetapi bila saya jawab : ‘ini masjid lama’ maka beliau shalat”
beberapa mereka berdalil dengan ayat :
ل ;َ ;م ;َ ;س ;ْ ;ج ;ِ ;د ;ٌ ; أ ;ُ ;س ;ِ ;ّ ;س ;َ ; ع ;َ ;ل ;َ ;ى ; ا ;ل ;ت ;َ ;ّ ;ق ;ْ ;و ;َ ;ى ; م ;ِ ;ن ;ْ ; أ ;َ ;و ;َ ;ّ ;ل ;ِ ; ي ;َ ;و ;ْ ;م ;ٍ ; أ ;َ ;ح ;َ ;ق ;ُ ;ّ ; أ ;َ ;ن ;ْ ; ت ;َ ;ق ;ُ ;و ;م ;َ ; ف ;ِ ;ي ;ه ;ِ ; ف ;ِ ;ي ;ه ;ِ ; ر ;ِ ;ج ;َ ;ا ;ل ;ٌ ; ي ;ُ ;ح ;ِ ;ب ;ُ ;ّ ;و ;ن ;َ ; أ ;َ ;ن ;ْ ; ي ;َ ;ت ;َ ;ط ;َ ;ه ;َ ;ّ ;ر ;ُ ;و ;ا ; و ;َ ;ا ;ل ;ل ;َ ;ّ ;ه ;ُ ; ي ;ُ ;ح ;ِ ;ب ;ُ ;ّ ; ا ;ل ;ْ ;م ;ُ ;ط ;َ ;ّ ;ه ;ِ ;ّ ;ر ;ِ ;ي ;ن ;َ ;
“sesungguhnya mesjid yang didirikan atas basic takwa ( mesjid quba ) sejak hari pertama yaitu lebih pantas anda bersembahyang didalamnya. didalamnya ada orang-orang yang pingin bersihkan diri. serta allah suka orang-orang yang bersih” ( qs. at taubah : 108 )
didalamnya ada isyarat untuk menentukan masjid yang lebih lama.
syaikh abdul aziz ath tharifi menjelaskan, maksud anas bin malik menentukan masjid yang lebih lama kemungkinan untuk menghindar hasrat orang-orang untuk membangun masjid baru tanpa keperluan. dikarenakan perihal ini dapat memecah-belah kaum muslimin serta membuka pintu perpecahan. hingga mungkin saja saat ada orang yang tidak senang dengan si fulan, ia lalu bikin masjid sendiri hingga ia tak perlu shalat semasjid dengan si fulan. serta telah maklum, bahwa terkumpulnya umat islam dalam satu masjid itu tambah baik, dikarenakan bisa saling berteman, saling berakrab, saling menghapus kebencian, saling tahu situasi satu sama lain saat ada yang terkena musibah, sakit, atau perlu pertolongan serta perihal lain yang searah dengan maqashid syar’iyyah serta sunnah fithriyyah.
masjid yang lebih sesuai sunnah
beberapa ulama juga menganjurkan untuk menentukan masjid yang didalamnya ditegakkan sunnah nabi shallallahu’alaihi wasallam dengan benar, jauh dari perkara yang mungkar, perkara bid’ah terlebih perkara kesyirikan. dalam rencana melindungi keistiqamahan diri meniti jalur yang benar dalam beragama dengan selalu berhias dengan amalan yang sesuai sunnah. tetapi seseorang sebaiknya shalat di masjid kaumnya yang paling dekat dengan rumahnya meskipun ada sebagian kemungkaran atau kebid’ahan didalamnya serta di sana ia selalu berupaya untuk menasehati serta memperbaiki. hingga tak hanya terwujud maslahah-maslahah dengan shalat di masjid paling dekat, sekalian terwujud juga maslahah dakwah. al lajnah ad daimah lil buhuts wal ifta menyebutkan :
ف ;إ ;ذ ;ا ; ك ;ا ;ن ; ا ;ل ;إ ;م ;ا ;م ; ي ;س ;د ;ل ; ف ;ي ; ص ;ل ;ا ;ت ;ه ; و ;ي ;د ;ي ;م ; ا ;ل ;ق ;ن ;و ;ت ; ف ;ي ; ص ;ل ;ا ;ة ; ا ;ل ;ص ;ب ;ح ; ع ;ل ;ى ; م ;ا ; ذ ;ك ;ر ; ف ;ي ; ا ;ل ;س ;ؤ ;ا ;ل ; ن ;ص ;ح ;ه ; أ ;ه ;ل ; ا ;ل ;ع ;ل ;م ; و ;أ ;ر ;ش ;د ;و ;ه ; إ ;ل ;ى ; ا ;ل ;ع ;م ;ل ; ب ;ا ;ل ;س ;ن ;ة ; ، ; ف ;إ ;ن ; ا ;س ;ت ;ج ;ا ;ب ; ف ;ا ;ل ;ح ;م ;د ; ل ;ل ;ه ; ، ; و ;إ ;ن ; أ ;ب ;ى ; و ;س ;ه ;ل ;ت ; ص ;ل ;ا ;ة ; ا ;ل ;ج ;م ;ا ;ع ;ة ; و ;ر ;ا ;ء ; غ ;ي ;ر ;ه ; ص ;ُ ;ل ;ِ ;ّ ;ي ;َ ; خ ;ل ;ف ; غ ;ي ;ر ;ه ; م ;ح ;ا ;ف ;ظ ;ة ;ً ; ع ;ل ;ى ; ا ;ل ;س ;ن ;ة ; ، ; و ;إ ;ن ; ل ;م ; ي ;س ;ه ;ل ; ذ ;ل ;ك ; ص ;ُ ;ل ;ِ ;ّ ;ي ;َ ; و ;ر ;ا ;ء ;ه ; ح ;ر ;ص ;ا ;ً ; ع ;ل ;ى ; ا ;ل ;ج ;م ;ا ;ع ;ة ; ، ; و ;ا ;ل ;ص ;ل ;ا ;ة ;ُ ; ص ;ح ;ي ;ح ;ة ;ٌ ; ع ;ل ;ى ; ك ;ل ; ح ;ا ;ل ;.
“jika imam lakukan sadl atau merutinkan membaca doa qunut saat shalat shubuh, sebagaimana yang anda tanyakan, katakan kepadanya bahwa beberapa ulama menasehatkan dirinya untuk beramal dengan yang sesuai sunnah. bila ia setuju, alhamdulillah. bila ia menampik, maka apabila anda bisa dengan gampang melacak masjid lain, shalatlah di sana. dalam rencana melindungi diri supaya selalu mengamalkan yang sunnah. bila sukar untuk melacak masjid lain, maka anda terus shalat jadi makmum imam tersebut, dalam rencana melaksanakan keharusan shalat berjama’ah” ( fatawa lajnah ad daimah, 7/366 )
semoga berguna.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar